MENGHUJAT ABU HURAIRAH, MENGHUJAT KITAB SENDIRI (20) APAKAH IMAM SYIAH BELAJAR DARI ABU HUIRAIRAH?

 
Abu Hurairah dihujat oleh abdul husein karena meriwayatkan dua hadits yang nampak bertentangan. Tapi Imam Ja’far As Shadiq meriwayatkan dua hadits yang sama.
Abu Hurairah meriwayatkan dua hadits yang nampaknya memiliki makna yang bertentangan. Tapi ternyata Abu Hurairah tidak sendirian. Riwayat ini tercantum dalam kitab syiah, diriwayatkan oleh imam syiah sendiri, yang selama ini diklaim maksum.

Hadits ini tercantum dalam Mustadrak Al Wasa'il jilid 8 hal 278-279, dalam bab yang berjudul: makruhnya takut pada penyakit menular, dan makruhnya shafar bagi ternak dan lainnya, dari sahabat Abu Hurairah.  Artinya, An Nuri At Thabrasi, penyusun Mustadrak Al Wasa'il, tidak melihat adanya masalah dalam hadits ini, seperti dalam pandangan abdul husein.

Jika abdul husein menganggap Abu Hurairah telah meriwayatkan hadits yang bertentangan, maka kita bisa melihat para imam ahlulbait yang juga meriwayatkan hadits ini.

Dari An Nazhr bin Qarwasy Al Jammal, dari Abu Abdillah, aku bertanya pada Abu Abdillah tentang onta yang sakit kulitnya, apakah harus kupisahkan dari onta lain karena takut menular? … Abu Abdillah berkata: seorang badui mendatangi Rasulullah shallallahualaihiwasallam dan berkata: wahai Rasulullah, saya membeli sapi dan kambing yang sait dengan harga murah, aku tidak ingin membelinya karena takut akan menulari onta dan kambingku yang lain. Kata Rasulullah: wahai badui, siapa yang menulari onta pertama? Lalu Rasulullah shallallahualaihiwasallam bersabda: tidak ada penyakit menular, tidak ada thiyarah, tidak ada syum, tidak ada shafar….

Wasa'il Syi'ah jilid 8 hal 370.
Ar Raudhah hal 196
Biharul Anwar jiid 58 hal 318

dalam Man La Yahdhuruhul Faqih jilid 4 hal 258, dari As Shadiq: larilah dari orang sakit lepra, seperti kamu lari dari singa

Al Jazairi mengatakan dalam Al Anwar An Nu’maniyah jilid 2 hal 145, diriwayatkan bahwa dia berkata: yang sakit jangan berbaur dengan orang sehat, dan berkata: larilah dari orang sakit lepra, seperti kamu lari dari singa

Pada riwayat pertama, Abu Abdillah menegaskan bahwa tidak ada penyakit menular. Tapi pada riwayat kedua, Abu Abdillah malah menyuruh orang lari dari penderita lepra. Bukankah ini dua hadits yang bertentangan?

Kata abdul husein:

Ini, selalu, merupakan keadaan mereka yang berjalan di dua jalan yang berbeda.

Dalam footnote no 257 hal 157 tertulis: bagaimanakah para pembela Abu Hurairah akan menafsirkan dua hadits ini untuk menghindari kontradiksi di antara mereka?

Semestinya abdul husein dan para ustadz syiah menanyakan kontradiksi ini pada Abu Abdillah.

Juga, apakah imam Ja’far As Shadiq termasuk mereka yang berjalan di dua jalan yang berbeda?

Jangan-jangan imam Ja’far As Shadiq (Abu Abdullah) mendengar riwayat ini dari jalur Abu Hurairah.
sunnah

blog copas