MENGHUJAT ABU HURAIRAH, MENGHUJAT KITAB SENDIRI (1)

 
Abu Hurairah terus dihujat. Ternyata hadits-hadits Abu Hurairah yang dihujat tercantum dalam literatur syiah. Bagaimana itu bisa terjadi? Semua bisa terjadi untuk menghujat ahlussunnah dan sahabat Nabi.
Sering kita lihat tulisan-tulisan syiah yang menghujat ahlussunnah, mengemukakan hadits-hadits yang katanya tidak masuk akal, dan berlawanan dengan Al Qur’an. Hadits-hadits itu berasal dari riwayat Abu Hurairah.


Dipilihnya abu hurairah sebagai target bidikan bukanlah tanpa alasan. Kita ketahui, Abu Hurairah adalah sahabat Nabi yang paling banyak meriwayatkan hadits. artinya, ketika legitimasi Abu Hurairah jatuh, maka legitimasi sunnah Nabi pun jatuh juga. Sunnah Nabi di sini bukan hanya sekedar text dari hadits, tapi seluruh perangkat yang terkait, seperti para perawi dan ulama hadits, otomatis gugur juga.


Pada akhirnya, ketika hadits sudah tidak lagi memiliki kekuatan hukum, maka akidah ahlussunnah pun akhirnya gugur. Inilah tujuan akhir dari kajian-kajian tentang Abu Hurairah, juga sahabat Nabi lainnya.


Lebih jauh lagi, Al Qur'an pun pada akhirnya akan terbidik juga, karena para sahabat Nabi lah yang meriwayatkan Al Qur'an, yang menyampaikan Al Qur'an pada generasi berikutnya. Jika sahabat tidak lagi bisa dipercaya, maka apa yang disampaikan pun tidak akan bisa dipercaya.


Tapi anehnya, para Imam syiah tidak ada yang meriwayatkan Al Qur'an. Tidak ada sanad Al Qur'an yang berasal dari para imam syiah. Yang ada adalah dari kalangan sahabat Nabi.




Seorang ulama syiah, bernama Abdul Husein Syarafuddin Al Musawi, menulis sebuah buku untuk menghujat Abu Hurairah. Buku itu aslinya ditulis dalam bahasa arab, dan diterjemahkan oleh sebuah penerbit syiah, kebetulan saya lupa nama penerbitnya. Ada lagi buku Abdul Husein yang diterjemahkan ke bahasa indonesia, yaitu buku dialog sunni syiah.
Membaca nama Abdul Husein, barangkali ada sebagian pembaca yang merasa heran. Biasanya ada Asma’ul Husna setelah nama abdul. Kata Abdu artinya hamba, budak. Kata Abdul selalu berdampingan dengan nama Allah. seperti Abdul Aziz, Al Aziz adalah salah satu asma’ul husna. Abdul Ghaffar, yang juga termasuk nama Allah, atau Abdul Jabbar, dan banyak lagi nama Abdul lainnya yang berdampingan dengan asma’ul Husna. Asma’ul Husna, artinya nama-nama yang indah. Allah adalah Maha Indah, nama-namaNya pun Maha Indah pula. Nama yang dihiasi dengan nama-nama Indah adalah Nama yang Indah pula.


Tapi kali ini kata Abdul berdampingan dengan nama husein. Penulis buku Abu Hurairah telah menghambakan dirinya pada imam husein. Bukan menghambakan diri pada Allah.  Padahal jika kita pikir, kita akan sampai pada pertanyaan, apakah imam husein layak menjadi tuhan? Apakah manusia layak menjadi hamba dari imam Husein? Kita lihat dalam sejarah, bahwa imam Husein tidak bisa menyelamatkan dirinya di padang karbala. Dia mati secara tragis. Sementara Allah adalah Maha Kuasa, kuat lagi Perkasa.


Jika kita lihat nama-nama penganut syiah di irak maupun iran, kita akan menemukan nama Abduz Zahrah, artinya hamba Fatimah. Dia bertuhankan Fatimah, meski mempercayai keberadaan Allah, meski percaya bahwa Allah lah yang mencipta langit dan bumi, serta Fatimah dan kedua anaknya, Hasan dan Husein. Tapi mereka memilih untuk jadi Abduz Zahrah, dan Abdul Husein, daripada memberi nama dirinya dengan nama Abdullah. Ini lebih mengherankan lagi. Dalam sejarah menurut versi syiah sendiri, Fatimah digambarkan sebagai sosok yang lemah, yang tidak bisa menyelamatkan dirinya ketika “digampar” oleh Umar bin Khattab. Pertanyaannya, mengapa sosok-sosok lemah itu dijadikan tuhan? Sementara Allah yang Maha Perkasa ditinggalkan.


Rasa-rasanya, mereka tidak berbeda dengan kaum quraisy jahiliyah yang menjadi musuh Nabi Muhammad. Meski kaum jahiliyah mengakui adanya Allah, meyakini kekuasaan Allah, meyakini bahwa Allah adalah pencipta langit dan bumi, namun mereka menyembah Latta, Uzza dan berhala-berhala lainnya. Di sekeliling ka’bah sendiri ada 360 patung, yang dipahat sendiri oleh manusia, lalu dijadikan tuhan. Sementara pada zaman ini ada yang menamakan dirinya Abdul Husein, Abduz Zahra, namun masih percaya bahwa Allah adalah Maha Pencipta. Tidak ada beda, hanya beda pada nama. Inti dan esensinya tetap sama.


Dari nama saja sudah nampak kejanggalan, dan berpotensi menimbulkan penolakan dari muslim Indonesia yang masih bersih imannya, yang masih berpikir sehat. Akhirnya penerbit mizan dan satu lagi yang menerbitkan buku Abu Hurairah, menyingkat namanya menjadi A Syarafuddin Al Musawi. Mereka tidak berani menampilkan nama asli penulis, yang mengandung penghambaan pada sosok yang lemah, bukan pada Allah yang Maha Kuasa.


Dalam bukunya, Abdul Husein memaparkan tuduhan-tuduhan pada Abu Hurairah, juga hadits-hadits yang dianggapnya sebagai menyimpang. Dituduhnya Abu Hurairah mengambil hadits dari ahli kitab, dan meriwayatkan hadits-hadits menyimpang. Dalam pembahasan bukunya, Abdul Husein menyertakan hadits-hadits Abu Hurairah yang dianggapnya janggal.


Tetapi setelah penelitian lebih dalam, ternyata hadits-hadits Abu Hurairah yang janggal itu, banyak terdapat dalam kitab syiah sendiri. Inilah yang membuat saya –berikut pembaca- terheran-heran. Ini adalah satu informasi penting yang harus diketahui oleh umat dan khalayak banyak.
Kita akan membahas hadits-hadits ini dalam beberapa rangkaian makalah di situs ini, insya Allah.
Yang pertama adalah hadits, Allah menciptakan Adam menurut bentuknya. Hadits ini tercantum dalam Shahih Bukhari dan Muslim.


Allah menciptakan Adam dalam bentuknya, tingginya 60 hasta. Ini adalah riwayat Bukhari dan Muslim.


Kata Abdul Husein, Abu Hurairah mengambil hadits ini dari kitab perjanjian lama, kitab suci kaum yahudi nasrani.


Ternyata hadits ini dinilai shahih oleh “imam” Khomeini, dalam bukunya berjudul Zubdah Al Arba’in Haditsan, pada hal 264. Khomeini memamparkan jalur periwayatan hadits yang sama, dari para imam ahlulbait. Khomeini, begitu juga ulama syiah lainnya, tidak mempermasalahkan hadits ini.


Dari Muhammad bin Muslim: aku bertanya pada Abu Ja’far tentang hadits yang mereka riwayatkan, bahwa Allah menciptakan Nabi Adam dalam bentukNya, lalu menjawab: bentuk di sini adalah makhluk dan baru, dipilih oleh Allah dari sekian banyak bentuk yang ada, lalu menyandarkan bentuk itu pada Allah sendiri, sebagaimana menisbatkan ka’bah pada DiriNya, dan menisbatkan ruh pada DiriNya, Allah berfirman : baitiya, dan berfirman: wanafakhtu fiihi min ruuhii.


Lihat Kitab At Tauhid, karya Syaikh Shaduq, Syarah Ushulul Kafi, Al Mazindarani, jilid 4 ha 125, Al Ihtijaj, jilid 2 hal 57, Biharul Anwar jilid 4 hal 13, Nurul Barahin jilid 1 hal 264, Mausu’at Ahadits Ahlulbait, Hadi An Najafi jilid  4 hal 314, Tafsir Nuruts Tsaqalain jilid 3 hal 11.


As Shaduq meriwayatkan dengan sanadnya, dari Abul Warad bin Tsumamah, dari Ali berkata: Nabi SAW mendengar seseorang mengatakan pada temannya : semoga Allah menjelekkan wajahmu, dan wajah yang sepertimu, lalu Nabi berkata: diam, jangan kamu katakan ini, karena Allah menciptakan Adam sesuai bentuknya. Kitab Tauhid, As Shaduq, hal 152.


Inilah sumber-sumber syiah yang memuat hadits yang digugat oleh Abdul Husein. Rupanya Abdul Husein, yang katanya telah melakukan penelitian mendalam, belum meneliti kitab-kitab syiah sendiri. Ini membuat kita heran, mengapa orang seperti itu digelari oleh syiah sebagai ulama. Namun bagi syiah hal ini tidak masalah, selama menjatuhkan ahlussunnah, segala cara menjadi halal, meski mengabaikan kaedah ilmiyah. Meski perlu melakukan kebohongan.
sunnah

blog copas